Nusuk - Mansak - Manasik

SHARE:

Istilah Nusuk, Mansak, dan Manasik memang tidak terlalu dikenal oleh kebanyakan umat islam. Dari ketiga istilah tersebut, mungkin hany...


Istilah Nusuk, Mansak, dan Manasik memang tidak terlalu dikenal oleh kebanyakan umat islam. Dari ketiga istilah tersebut, mungkin hanya istilah manasik yang lebih populer karena sering digunakan untuk urusan ibadah haji. Padahal, Allah sering menyebutkan ketiga istilah tadi dalam Al Qur'an. Berikut beberapa ayat-ayat Al Qur'an yang menyebutkan tentang Nusuk, Mansak, dan Manasik.

قُلۡ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحۡيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِينَ

“Sesungguhnya sholatku, “nusuk”-ku, kehidupanku dan kematianku adalah milik Allah, Pemilik dan Penguasa alam semesta”. (Al An’am:162)

...مَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوۡ بِهِۦۤ أَذً۬ى مِّن رَّأۡسِهِۦ فَفِدۡيَةٌ۬ مِّن صِيَامٍ أَوۡ صَدَقَةٍ أَوۡ نُسُكٍ۬‌ۚ...

“...jika diantaramu ada yang sakit, atau gangguan di kepalanya, maka wajiblah dia berfidyah berupa shoum, atau shodaqoh atau nusuk (korban)”... (Al Baqarah : 196)

...لِّكُلِّ أُمَّةٍ۬ جَعَلۡنَا مَنسَكًا هُمۡ نَاسِڪُوهُ‌ۖ فَلَا يُنَـٰزِعُنَّكَ فِى ٱلۡأَمۡرِ‌ۚ

“Untuk tiap-tiap ummat telah aku jadikan “mansak”-nya masing-masing yang mereka lakukan. Maka janganlah mereka menyanggahmu dalam urusan itu”... (Al Hajj : 67)

...وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا

“Dan tunjukkanlah kami akan manasik kami...” (Al-Baqarah :128)
...فَإِذَا قَضَيۡتُم مَّنَـٰسِكَڪُمۡ
“Maka apabila kamu telah menunaikan manasikmu...” (Al Baqarah : 200)

Nusuk, Mansak dan Manasik yang kata dasarnya sama (Nusk), menurut bahasa berarti: bertapa, sesajen (kurban), peribadatan (penyembahan). Maka dalam konteks sistem dan tatanan kehidupan sosial, itulah yang dikenal sebagai upacara/prosesi seremonial.

Dalam tatanan Islam, prosesi seremonial tersebut dilakukan berupa amal nusukiyah, atas petunjuk dan tuntunan langsung dari Allah melalui Rasulnya serta tertuang dalam Al Quran berupa: thoharoh, sholat, shoum, shodaqoh, tilawah (bacaan), manasik haji dan penyembelihan hewan qurban.

Namun istilah yang lebih memasyarakat dikalangan ummat Islam untuk amalan-amalan seperti di atas adalah “ibadah mahdhoh” yang artinya ibadah murni atau tulen. Entah siapa yang menciptakan istilah itu, yang jelas istilah tersebut tidak ada dalam Al Qur'an.

Kata Manasik mungkin sedikit lebih dikenal oleh orang islam karena sering digunakan dalam istilah Manasik Haji. Nusuk, Mansak, dan Manasik tidak populer jika dibandingkan dengan istilah yang populer saat ini seperti: selamatan, solawatan, marhabanan, tahlilan, istighotsah, hadoroh, dan macam-macam lagi.

Wallahu a'lam

COMMENTS

Name

Android,1,Geophysics,1,Telusur,15,Wordpress,1,
ltr
item
Aan Anaya: Nusuk - Mansak - Manasik
Nusuk - Mansak - Manasik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8uRfYrFZvA4C-SX-T83m8A_DYnD0a6E1cBpZeCYu6S__zdGeidySZX8jZ2hlN_MT-7ZNK5zLfbUmDeZ61B5gyHl4iogiwHnGu1-lYfgOyLYE9DB3TcrwLVeh5_6kce4mhvBrnpQ8i35s/s640/nusuk-mansak-manasik.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8uRfYrFZvA4C-SX-T83m8A_DYnD0a6E1cBpZeCYu6S__zdGeidySZX8jZ2hlN_MT-7ZNK5zLfbUmDeZ61B5gyHl4iogiwHnGu1-lYfgOyLYE9DB3TcrwLVeh5_6kce4mhvBrnpQ8i35s/s72-c/nusuk-mansak-manasik.png
Aan Anaya
https://aananaya.blogspot.com/2016/07/nusuk-mansak-manasik.html
https://aananaya.blogspot.com/
https://aananaya.blogspot.com/
https://aananaya.blogspot.com/2016/07/nusuk-mansak-manasik.html
true
6567311718886181985
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy