Jiwa Dan Perkembangannya

SHARE:

Salah satu bagian penting dari manusia adalah jiwa selain jasad dan ruh (energi). Perkembangan jiwa manusia menjadi ilmu yang sangat...

jiwa dan perkembangannya

Salah satu bagian penting dari manusia adalah jiwa selain jasad dan ruh (energi). Perkembangan jiwa manusia menjadi ilmu yang sangat menarik untuk dipelajari. Tidak banyak orang yang ingin mempelajari ilmu jiwa, padahal dalam dirinya jiwa merupakan unsur penting yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Telurus lebih lanjut, manusia tidak terlalu menyadari tentang jiwa berdasarkan salahnya menerjemahkan ayat al qur'an. Saya menduga, dari ayat ini manusia seolah-olah pasrah akan perkembangan jiwanya akibat anggapan baik dan buruknya perkembangan jiwa itu sudah ditentukan oleh Allah. Jadi, manusia menjadi jahat, manusia menjadi baik, manusia menjadi pencuri, manusia menjadi koruptor, dan sebagainya sudah ditetapkan oleh Allah. Ini anggapan yang salah sebagai akibat dari ayat-ayat yang diterjemahkan salah. Berikut ayat yang salah diterjemahkan:

وَنَفۡسٍ۬ وَمَا سَوَّٮٰهَا (٧) فَأَلۡهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقۡوَٮٰهَا

Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.

Dari ayat di atas, bisa ditarik kesimpulan kefasikan dan ketakwaan jiwa manusia sudah diilhamkan oleh Allah. Sungguh terjemahan yang salah kaprah, sangat tidak adil jika Allah sudah menentukan manusia yang takwa dan fasik. Jika demikian, tidak ada kontribusi dari manusia sendiri untuk menjadi manusia takwa atau manusia fasik. Bukahkah Allah itu Maha Adil, lalu dimana letak keadilan dari Allah jika sudah ditentukan yang akan menjadi manusia takwa dan manusia fasik.

Terjemahan yang tepat dari surat 91 : 7-8 adalah sebagai berikut:

Demi jiwa dan apa-apa yang memperkembangkannya (sampai taraf tertentu), lalu mengilhaminya (mengilhami jiwa itu), kedurhakaannya dan ketaqwaannya. (91 : 7-8)

Pada ayat di atas, yang menjadi “fa’il” (pelaku) dari kata “alhama” itu bukanlah Allah (seperti pada terjemahan Depag), melainkan “maa sawwaahaa”, yakni segala sesuatu yang terindera, yang membuat jiwa manusia tumbuh berkembang sejak bayi dan seterusnya sampai tingkat tertentu.

Kita tahu dari ilmu perkembangan jiwa, bahwa faktor yang membuat jiwa manusia tumbuh berkembang antara lain: pendidikan/ pengajaran dan pengaruh lingkungan. Semua itu menjadi “entry” ke dalam jiwa manusia melalui gerbang pancainderanya, kemudian menumbuhkan karakter dan sifat-sifat jiwa/ kepribadiannya, baik yang bersifat positif (taqwaahaa) maupun negatif (fujuurohaa). Alangkah naifnya jika dikatakan bahwa Allah mengilhamkan kedurhakaan (kefasikan) ke dalam jiwa manusia, seperti pada terjemahan Depag.

Kedurhakaan manusia itu (seperti halnya juga ketaqwaannya) terbentuk (terilhamkan) oleh apa yang “diserap” (diakses) oleh jiwanya, yang membuat jiwanya itu tumbuh berkembang (Ma Sawwaahaa). Yang terakhir inllah (Ma Sawwaha) yang menempati posisi fa’il (subjek) dari proses Alhama itu.

Manusia telah diberikan oleh Allah pendengaran, penglihatan, dan afidah. Melalui Ketiga piranti itulah jiwa manusia akan berkembang, apakah akan menumbuhkan karakter dan sifat-sifat jiwa/kepribadian yang positif atau sebaliknya.

COMMENTS

Name

Android,1,Geophysics,1,Telusur,15,Wordpress,1,
ltr
item
Aan Anaya: Jiwa Dan Perkembangannya
Jiwa Dan Perkembangannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjs88VJ2RAdlNLXD08l6A26DoYLn8yxllyIn3_1BkSEYz0RB6jN5jlkq7Qb1z2RI2jU3GDReRb2tXqcvWqxQNICEcAPMLHikpR5-QK0wGybxsIRz-wQI7LbWcaNhPdSgdp9Vpfc1RVwTpw/s640/jiwa-dan-perkembangannya.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjs88VJ2RAdlNLXD08l6A26DoYLn8yxllyIn3_1BkSEYz0RB6jN5jlkq7Qb1z2RI2jU3GDReRb2tXqcvWqxQNICEcAPMLHikpR5-QK0wGybxsIRz-wQI7LbWcaNhPdSgdp9Vpfc1RVwTpw/s72-c/jiwa-dan-perkembangannya.png
Aan Anaya
https://aananaya.blogspot.com/2016/08/jiwa-dan-perkembangannya.html
https://aananaya.blogspot.com/
https://aananaya.blogspot.com/
https://aananaya.blogspot.com/2016/08/jiwa-dan-perkembangannya.html
true
6567311718886181985
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy