6 Freeware SEGY Viewers

SHARE:

Perkembangan bahasa pemograman saat ini sangat memudahkan geophysicist dalam analisa data geofisika, salah satunya adalah analisa data...


Perkembangan bahasa pemograman saat ini sangat memudahkan geophysicist dalam analisa data geofisika, salah satunya adalah analisa data seismik. Minimal aplikasi yang dimiliki oleh geophysicist untuk analisa data seismik adalah SEGY Viewers.

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa didapatkan baik secara gratis maupun komersial. Aplikasi komersial sudah pasti memiliki banyak fitur yang lebih baik daripada aplikasi gratis. Akan tetapi, akhir-akhir ini banyak aplikasi SEGY Viewers gratis yang terus diupdate dan dikembangkan sehingga mempunyai fitur yang sama seperti aplikasi komersial.

Berikut 6 freeware SEGY Viewers yang bisa digunakan oleh geophysicist untuk menampilkan data seismik, baik data post-stack maupun data pre-stack:

1. SeiSee

Aplikasi ini bisa dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows. Bisa juga dijalankan pada Linux dengan menggunakan aplikasi Wine. SeiSee bisa digunakan untuk analisa data seismik post-stack 2D dan 3D. Data 3D hanya ditampilkan secara inline dan xline, tidak bisa ditampilkan secara volume.

SeiSee mempunyai fitur basic processing standar, seperti time shift, bandpas filter, AGC, dan lain-lain.


2. Kogeo

Kogeo merupakan aplikasi analisa data seismik yang bisa digunakan untuk data seismik post-stack 2D maupun 3D. Kelebihan dari aplikasi ini bisa membaca data dalam format SEG-Y dan SU. Selain itu bisa juga melakukan picking horizon dan vektorisasi data seismik yaitu konversi data seismik dari image menjadi format SEGY.

Anda juga bisa mengembangkan lebih lanjut aplikasi ini karena Kogoe memberikan source code secara gratis.

Kogeo memiliki fitur processing yang lebih lengkap, seperti time shift, AGC, time domain frequency filter, predictive deconvolution, coherency, dip/azimuth transform, SO-EP multitrace alpha-trim filter, spectral decomposition, attribute crossplot classifier, neural network classifier, dan resample.


3. Lynx Seisview

Sama seperti SeiSee, Lynx Seisview bisa digunakan untuk data seismik post-stack 2D dan 3D. Data 3D hanya ditampilkan secara inline dan xline, tidak bisa ditampilkan secara volume.


4. Samuel CSI

Dikembangkan oleh Seismic Outsource Solutions, Inc., anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk interpretassi data seismik dan analisa data seismik. Samuel CSI bisa dijalankan pada sistem operasi Windows dan Linux (RHEL & Ubuntu). Kelebihdan dari software ini mempunyai tampilan yang interaktif dan bisa menampilkan data seismik post-stack 3D secara volume.

Kelebihan dari Samuel CSI adalah bisa melakukan slice dan menampilkan data inline, xline, dan slice.


5. SeismiGraphix

Hampir semua format data seismik bisa dibaca dengan aplikasi SeismiGraphix, antara lain data SEGY, SEGD, SU, dan Javaseis. Kelebihan lain yaitu bisa digunakan untuk data post-stack dan pre-stack. Salah satu aplikasi baru karena baru di release untuk publik pada tahun 2016, dikembangkan oleh Abel Surace.

Seismicgraphix dilengkapi modul basic processing seperti spectrum analysis, bandpas filter, dan AGC.


6. ForView

Integral Technology Group mengembangkan ForView untuk analisa data seismik post-stack dan pre-stack baik data seismik 2D maupun 3D. Data seismik 3D bisa ditampilkan secara volume. Kelebihdan dari aplikasi ForView adalah mempunyai kemampuan overlay data color dan trace.


COMMENTS

Name

Android,1,Geophysics,1,Telusur,15,Wordpress,1,
ltr
item
Aan Anaya: 6 Freeware SEGY Viewers
6 Freeware SEGY Viewers
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRlXdCyDS01HYKP0-pZG1nkND8TYY8kb5g2XAexEdgIGCXzXbVNeScJlUzBzFxR1oKIQ_8LCZy_4Pr6D_1J8trHYn4MLSonqSVXDIEqwVwwaB5_NEedKdCfR_qbeheEhh883TcisBBnWk/s640/freeware-segy-viewers.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRlXdCyDS01HYKP0-pZG1nkND8TYY8kb5g2XAexEdgIGCXzXbVNeScJlUzBzFxR1oKIQ_8LCZy_4Pr6D_1J8trHYn4MLSonqSVXDIEqwVwwaB5_NEedKdCfR_qbeheEhh883TcisBBnWk/s72-c/freeware-segy-viewers.png
Aan Anaya
https://aananaya.blogspot.com/2016/07/6-freeware-segy-viewers.html
https://aananaya.blogspot.com/
https://aananaya.blogspot.com/
https://aananaya.blogspot.com/2016/07/6-freeware-segy-viewers.html
true
6567311718886181985
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy